Atina Liestyawati

Sabtu, 03 Oktober 2020

PORTAL RUMAH BELAJAR SOLUSINYA

 


“Mama…bagaimana cara mengubah pecahan senilai ke bentuk desimal?,” tanya putra bungsuku di pagi itu. Saya yang sedang menyelesaikan tugas di dapur terdiam sesaat mendengar pertanyaan itu. Bagaimana tidak, materi pelajaran matematika dasar itu tak bisa saya jawab. Terus terang saya lupa cara penyelesaiannya.

Saya seorang pendidik sekaligus ibu rumah tangga yang memiliki dua orang putra. Si sulung kelas VIII SMP dan adiknya kelas IV SD. Realitas pandemi Covid-19 yang sedang melanda antero dunia memaksa para peserta didik harus belajar dari rumah. Begitu pula kedua putraku. Saban hari sejak pagi sang kakak sudah mulai duduk depan leptop dan menggenggam gawainya untuk mendapatkan materi pembelajaran dari guru-gurunya.

Berbeda dengan adiknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Setiap hari harus menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru di sekolah. Suka tidak suka pekerjaan seorang ibu akan bertambah dengan adanya keharusan belajar dari rumah.

Masalah yang saya hadapi sudah pasti dihadapi juga oleh ibu rumah tangga lainnya yang memiliki anak usia sekolah. Mereka pasti kerepotan mengajarkan anak-anaknya mengenai cara menyelesaikan tugas berkaitan dengan materi pembelajaran tertentu.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi solusi “kerepotan” dari permasalahan tersebut  di atas. Banyak portal pembelajaran yang ditawarkan dalam membantu siswa memahami materi pelajarannya. Namun kadang kala terbentur kuota yang terbatas. Kenyataan bahwa penyedia layanan bimbingan belajar online mengharuskan adanya biaya alias portal berbayar dalam memperoleh layanannya.

Nah… di sini kehadiran portal “Rumah Belajar” menyediakan fitur-fitur beragam untuk membantu mendampingi peserta didik maupun orang tua siswa. Keterbatasan kemampuan dalam memberi pengajaran pada anaknya ataupun keterbatasan biaya dalam mengakses bimbel online berbayar akan “terbayar”.

Rumah Belajar adalah sebuah portal yang dibuat sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era Industri 4.0 yang diluncurkan oelh Kementrian Pendidikan Nasional pada tanggal 15 Juli 2011.  Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore yang dapat dimanfaatkan secara gratis atau akses melalui websitenya :http://belajar.kemdikbud.go.id

Sesuai dengan namanya, materi tersedia dalam bentuk digital sehingga dapat diakses dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun.  Rumah belajar juga dilengkapi dengan berbagai materi belajar dalam bentuk video, audio, dan sebagai artikel.  Pengguna juga dapat mengakses buku-buku sekolah elektronik (e-book), modul pembelajaran, soal-soal dari berbagai mata pelajaran dalam fitur Bank Soal.

Portal Rumah Belajar dilengkapi dengan delapan fitur utama dan tiga fitur pendukung Di fitur utama yang terdiri dari Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, Bank Soal, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Buku Sekolah Elektronik dan Pengembangan Keprofesian.  Sedangkan fitur pendukung antara lain, Karya Guru, Karya Komunitas dan Karya Sastra.  Selain itu tedapat laman tambahan yang menyatu dalam portal Rumah Belajar yaitu TV edukasi, Radio Edukasi, Suara Edukasi dan m-edukasi. 

Ditahun ini pula ada ketambahan fitur baru di portal Rumah Belajar yaitu  Edugame.  Edugame adalah fitur permainan interaktif yang membuat siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan bermain melalui permainan digital yang interaktif.  Fitur ini sangat menarik minat anak didik sesuai keinginan dan hobi mereka bermain game.  


                                                        sumber :https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame



Fitur Sumber Belajar


Salah satu fitur Rumah Belajar yang banyak digunakan adalah Sumber Belajar.  Fitur ini sangat membantu peserta didik maupun orang tua siswa dalam memperoleh materi pembelajaran disetiap jenjang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Sekolah Menengah Atas?Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.


                            Sumber portal-bimbel-online-gratis-dari-kemendikbud-di-belajarkemdikbudgoid

Fitur Sumber Belajar yang disajikan dalam bentuk video pembelajaran yang menarik penyajiannya langsung dipaparkan oleh guru-guru dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, menggunakan berbagai bentuk animasi gambar video, suara, simulasi, evaluasi dan permainan yang diramu menjadi suatu sarana untuk memperoleh informasi materi pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku.

Dalam video pembelajaran yang ditampilkan sangat menarik yang memuat sesi perkenalan, konflik dan solusi.  Hal ini membuat para peserta didiktertarik untuk menyaksikan video tersebut sampai tuntas.  Kelebihan inilah yang membuat fitur Sumber Belajar menyadi menyenangkan dan memotivasi peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajarannya.  penyampaian materi secara visual akan lebih menarik perhatian ketimbang harus membaca buku pelajaran.

Sebagian besar masyarakat terutama ibu-ibu yang menjadi "madrasah"  di lingkungan rumah tangga belum mengetahui keberadaan portal Rumah Belajar ini.  Saya yakin jika mereka mengetahuinya, tak akan ada lagi ibu-ibu yang "kerepotan" dan stress dalam membimbing putera puterinya belajar di rumah.  Yang tak kalah penting orang tua tidak perlu khawatir lagi soal biaya, karena setiap fitur yang disajikan termasuk Sumber Belajar dapat diakses secara gratis.

Salam Rumah Belajar

Belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


#BerbagiTIK
#RumahBelajar
#PusdatinKemdikbud
#SRBSulteng2020
#SahabatRumahBelajar2020
#DutaRumahBelajar2020

7 komentar:

  1. Inspiratif skli.. Sukses trus ibu dlm brkarya..

    BalasHapus
  2. Dengan adanya program ini lebih memudahkan kita untuk belajar dan bisa memahami..atas situasi kondisi sekarang ini..orang tua pun terbantu ...untuk pendidikan anak

    BalasHapus
  3. Dengan adanya program ini lebih memudahkan kita untuk belajar dan bisa memahami..atas situasi kondisi sekarang ini..orang tua pun terbantu ...untuk pendidikan anak

    BalasHapus
  4. Semoga dapat menjadi salah satu solusi alternatif di bidang pendidikan pada masa pandemi saat ini. Sukses selalu dan tetap jaga kesehata.

    BalasHapus
  5. Semangat buat emak - emak...., meski banyak tugas insyaa Allah tetap bisa berkarya...

    BalasHapus

RINDU

  dalam rindu ku masih berharap berharap kau kan hadir mengisi hari hariku lagi rindu kicauanmu ...rindu celotehmu... rindu anggukanmu... ri...