Atina Liestyawati

Minggu, 18 Oktober 2020

Membuat Guru Percaya Diri

Sosialisasi Rumah Belajar dan Pembuatan Video Pembelajaran  di SMPN 1 Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah

Sebagai Sahabat Rumag belajar (SRB) yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SRB mempunyai tugas untuk mensosialisasikan portal “Rumah Belajar” ke berbagai lembaga pendidkan. Salah satu sekolah yang kami pernah datangi adalah SMP Negeri 1 Sigi, salah satu sekolah terbesar di Kabupaten Sigi.

SMPN 1 Sigi menjadi prioritas kami datangi mengingat sekolah terkemuka di Kabupaten Sigi ini memiliki jumlah siswa terbanyak se Kabupaten Sigi dan tentunya dengan jumlah guru yang sebanding. Sekolah ini terimbas gempa bumi 2018 silam sehingga banyak sarana dan prasarananya yang rusak parah. 

Masa Pandemi Covid-19 saat ini menuntut para guru dan siswa mengajar dan belajar dari rumah via daring.  Sejalan dengan itu, portal rumah belajar diharapkan dapat membatu para siswa menjadi media untuk mendapatkan bahan ajar. Begitu pula dengan guru. Akan sangat terbantu dengan berbagai fitur-fitur Rumah Belajar, seperti Laboratorium Maya, Kelas Maya, Sumber Belajar, Edugame, Wahana Jelajah Angkasa dan lainnya.

Pada fitur Laboratorium Maya sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran saat ini. Apalagi sarana laboratorium di SMP Negeri 1 Sigi rusak berat. Pada fitur ini disediakan laboratorium virtual yang dilengkapi dengan Bahan Teori, Bahan Referensi,  Lembar Kerja. Semua dapat diunduh dan dibagikan pada peserta didik.

Laboratorium Maya memberikan kemudahan bagi siswa  berinteraksi dengan bahan dan peralatan laboratorium. Bahan praktikum yang berbahaya seperti HCl, H2SO4 dan lainnya menjadi lebih aman ketika siswa tidak kontak langsung dengan bahan kimia ini. Semuanya diramu dan disajikan secara interaktif dan menarik sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Masih banyak materi materi partikum bisa di akses melalui laman www//belajar.kemdikbud.go.id

Guru di SMP negeri 1 Sigi  sangat antusias mengikuti sosialisasi yang disampaikan oleh SRB ditemani Duta Rumah Belajar (DRB). Terutama pemanfaatan Laboratorium Maya dan Sumber Belajar yang disajikan dalam Portal Rumah Belajar. Menjawab kegelisahan guru sains  saat praktikum yang harus dilakukan secara tatap muka dengan peralatan dan bahan praktik yang cukup mahal.

Pada sesi pembuatan video pembelajaran, SRB memfasilitasi para guru tentang cara menghasilkan karya video pembelajaran sendiri secara sederhana dengan memanfaatkan smartphone.  Video pembelajaran nantinya bisa digunakan sebagai media pembelajaran selama masa pandemi ini. Membuat para guru semakin percaya diri dan siswa merasa senang ketika melihat gurunya dalam video memaparkan materi pembelajaran. Tanpa harus menggunakan video pembelajaran yang disajikan orang lain.

 

Belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja.

Salam Rumah Belajar

#BerbagiTIK
#RumahBelajar
#PusdatinKemdikbud
#SRBSulteng2020
#SahabatRumahBelajar2020
#DutaRumahBelajar2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RINDU

  dalam rindu ku masih berharap berharap kau kan hadir mengisi hari hariku lagi rindu kicauanmu ...rindu celotehmu... rindu anggukanmu... ri...